11 CARA Menulis Masa Kecil

alat-tulis-jadul_yellowsakura

Alat tulis (writing instruments) pertama yang dibuat bangsa Sumeria di Mesopotamia sekira 5000 tahun silam. Berbagai alat tulis diciptakan, mulai pena bulu ayam dan kemudian berkembang hingga sekarang menjadi beragam pena bolpoin. Berikut ini beberapa jenis alat tulis tersebut:
rugos-alat-tulis-jadul_yellowsakura1. RUGOS.  Rugos adalah merek, konon singkatan “huruf gosok”, bikinan Surabaya. Rugos adalah jawaban Indonesia untuk barang sejenis, yaitu Letraset dan Mecanorma yang merupakan barang impor

 

 

 

 

2. kapur-alat-tulis-jadul_yellowsakuraKapur adalah, lembut putih, batuan sedimen yang porous, bentuk batu kapur terdiri daripada mineral kalsit. Jika kapur ini digosok pada sesuatu yang keras atau kasar, itu akan meninggalkan bekas.

 

 

 

 

 

penggaris-alat-tulis-jadul_yellowsakura3. PENGGARIS huruf dan angka. Ada juga berbentuk lingkaran dan ruang bangun yang lainnya. Biasa dipakai untuk papan nama resmi atau jadwal kelas dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

stencil-alat-tulis-jadul_yellowsakura4. Stencil merupakan teknik mengecat dengan bantuan kertas pola. Kertas stencil berlubang-lubang membentuk motif tertentu yang akan membantu kita menggambar motif di area tertentu dengan lebih praktis. Dikatakan praktis karena Anda tidak perlu menggambar sendiri motif, cukup dengan menempelkan kertas stencil lalu mengecatnya sesuai pola yang ada.

.

.

.

.

 

papan-tulis-hapus-alat-tulis-jadul_yellowsakura5. Drawing Board Magic, sama dengan fungsi papan tulis, yaitu untuk menulis ataupun menggambar. Namun terdapat perbedaan dimana mainan tersebut hanya perlu menggeser tombol (pegangan) yang terletak di bagian bawah ke arah kanan dan kiri untuk menghapus semua tulisan ataupun gambar yang ada di papan tersebut.

 

 

.

.

 

kertas-karbon-alat-tulis-jadul_yellowsakura6. Kertas karbon adalah kertas dengan lapisan tinta kering yang diikat dengan lilin di salah  satu sisi. Digunakan untuk membuat salinan naskah hingga beberapa salinan sekaligus. Cara memakainya adalah dengan meletakkan kertas karbon di antara dua lembar kertas kosong atau lebih. Ketika kita menulis pada kertas paling atas, maka kertas karbon yang berada di bawahnya juga akan terkena tekanan dari tulisan kita sehingga meninggalkan jejak-jejak huruf dari naskah asli.

 

.

.

.

.

.

.

 

pensil-susun-ulang-alat-tulis-jadul_yellowsakura7. Pensil Susun Ulang. Pensil yang ini berbeda dari pensil kayu ataupun pensil mekanik. Kalau mau menggunakan pensil ini, isiannya harus disusun sedemikian rupa agar bisa dipakai. Isinya kecil dan tidak bisa di raut, jadi jika sudah tidak runcing tinggal ambil dan masukkan kembali.

 

 

 

 

 

.

.

 

tipp-ex-alat-tulis-jadul_yellowsakura8. Liquid Eraser. kalau yang ini kayaknya masuk akal buat dipakai menghapus tulisan bolpoin. Namanya tipp-ex. Berupa cairan putih yang dikemas dalam botol. Harus dikocok dulu, baru bisa dipakai dengan cara mengoles cairannya di kertas kita.

.

.

.

.

.

 

rautan-alat-tulis-jadul_yellowsakura9. RAUTAN. Rautan pensil salah satunya, barang ini sangat dibutuhkan buat mereka yang setia menggunakan pensil, entah untuk menulis atau menggambar. Jangan ditiup yah, karena uap air yang keluar dari mulut kita ketika kita meniup rautan tersebut, sedangkan sebuah rautan itu mengandung besi. Dan masih ingatkah kalian rumus kimia ketika sebuah besi bertemu dengan uap air akan jadi karat.

.

.

.

.

.

karet-penghapus-alat-tulis-jadul_yellowsakura10. Karet di Ujung Pensil. Dengan cara mengikatkan atau melilitkan karet gelang di ujung pensil/petelot. Jadilah penghapus karet.Penghapus jenis ini digunakan pada saat darurat karena kita tidak membawa penghapus asli. Sebagian murid menggunakannya, meskipun hasilnya tidak seperti penghapus asli.

 

 

 

 

 

 

 

 

.

penggaris-komputer-alat-tulis-jadul_yellowsakura11. Penggaris Komputer. Hanya dipakai ketika ujian akhir sekolah, hanya gara-gara salah menghitamkan bisa lobang kertanya, salah jawaban dan tidak lulus ujian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s