11 Tips AYO…Membuat Anak Dengan Praktis dan Mudah !

Semua pasangan yang baru menikah pasti ingin cepat punya anak itu sebagai bentuk kalau pasangan tersebut memang normal. Tetapi beberapa pasangan masih belum mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah nah kalau begini berarti ada yang perlu di koreksi.

1. Berdoa kepada Allah Ta’ala
Kekuatan doa adalah sebuah kekuatan yang sangat luar biasa manfaatnya. Pada masa-masa nabi yang dikisahkan di dalam alquran, ada seorang nabi bernama Nabi Zakaria alaihissalam yang akhirnya di berikan seorang anak walaupun istirinya telah tua dan belum dikaruniani seorang anak. Namun berkat Do’a dan Ikhtiarnya yang tidak pernah berhenti kepada Allah . Allah pun mengabulkan permintaannya. Sehingga mereka pun dikaruniai seorang anak. Ingatlah bahwa ALLAH  tidak pernah tidur dan akan mendenganr do’a – do’a dari hambanya.
Perbanyaklah melakukan shalat malam , sedekah dan amalan-amalan ibadah lainnya. Dan yakinlah bahwa ALLAH  selalu punya rencana baik buat ummatnya.

2. Melihat Masa Subur
Masa subur wanita adalah waktu yang paling baik untuk mendapatkan kehamilan, sebab di waktu itu sel ovum akan dapat dengan mudah menerima sel sperma untuk di buahi. Sebisa mungkin melakukan hubungan pada masa-masa itu.

3. Menjaga Kesehatan dan Makan  makanan bergizi
Menjaga kesehatan pada masa-masa menginginkan kehamilan adalah wajib bagi tiap pasangan yang ingin cepat hamil. Makanlah makanan yang tinggi gizi untuk kesehatan reproduksi anda berdua. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan sistem reproduksi seperti merokok, narkoba, minuman keras (alkohol).

4. Hindari Stress
Stres secara terus  menerus dapat mengganggu sistem reproduksi di dalam tubuh termasuk sistem tubuh yang lainnya. Itulah alasan mengapa lebih banyak pasangan yang mandul dan memiliki sedikit anak pada masyarakat perkotaan dibandingkan dengan masyarakt pedesaan yang tingkat stresnya cenderung lebih sedikit. baca artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan stres .

5. Tidak memakai alat kotrasepsi 
Kalau anda sedang melakukan program pemakaian alat kontrasepsi baik pil KB, kondom dll berarti anda belum ingin memiliki anak.
6. Berhubungan Badan secara terjadwal

Sperma dapat hidup selama max 5 hari di dalam rahim. Karena itu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan, lakukan hubungan 2 hari sebelum masa ovulasi/ keluarnya sel telur. Untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, ada beberapa cara yang dapat digunakan  :
– sistem kalender
– suhu tubuh basal /Basal Body Temperatur
– elastisitas lendir serviks
– dan yang terbaru, strip penguji masa subur (dapat dibeli di apotik terdekat dengan nama Fertility)
7. Minum Vitamin
Untuk cepat hamil, konsumsi vitamin maupun jenis makanan mengandung zat-zat dibutuhkan untuk kesuburan sangatlah penting. Vitamin C, salah satunya, dapat meningkatkan kualitas sperma sedangkan Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Dan wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.
8.  Posisi yang tepat pada saat berhubungan
Untuk pasangan yang sudah mendambakan kehadiran sang buah, missionary adalah posisi yang paling disarankan. Mengingat posisi ini memungkinkan penetrasi yang cukup dalam sehingga rahim dapat menyimpan sperma untuk waktu yang lebih lama. Sebaiknya hindari posisi woman on top, karena memperkecil kemungkinan rahim untuk menyimpan sperma.
9. Jaga Berat Tubuh Anda
Kelebihan berat badan akan membawa pengaruh yang kurang baik bagi tingkat kesuburan Anda. Usahakanlah untuk mencapai berat tubuh yang ideal terlebih dulu.
10. Pola Makan

Sebenarnya tidak ada yang spesifik untuk jenis makanannya. Namun, beberapa saran umum ini bisa dilakukan, seperti :

  • Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena jenis makanan ini bisa membuat peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh dan kadar kolesterol darah meningkat. Contoh sederhana; makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipakai berulang-ulang.
  • Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Ini bisa mengundangpenyakit diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.
  • Meningkatkan konsumsi sayuran lebih banyak dari pada konsumsi daging.
  • Meningkatkan konsumsi serat baik dari sayuran maupun buah-buahan.
10. Konsultasi ke dokter
Cara ini merupakan solusi terakhir agar anda mendapat jawaban yang pasti secara medis tentang kondisi reproduksi anda sehingga dapat cepat memiliki anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s