11 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Jawa

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki Objek Wisata terbanyak di Dunia, ini disebabkan karena luasnya negeri ini dan terdiri dari ribuan Pulau, ribuan suku, Budaya, Iklim, Sejarah, Agama dan banyak lagi Faktor yang mendukung sebagai Tujuan Wisata Domestik maupun manca negara.
Tempat Wisata yang baik umumnya selalu menjadi incaran para wisatawan, baik yang sedang menghabiskan libur panjang maupun sekedar hobi bepergian. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah papan wisata terbanyak di dunia, dengan papan wisata yang unik dan murah, tak ayal lagi banyak turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia hanya sekedar untuk menikmati panorama setiap wisata yang ada di negeri ini.

A. PANTAI

1. Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Pantai yang berada di Teluk Pelabuhan Ratu ini termasuk dalam kelompok pantai selatan Jawa. Daya tarik tempat wisata di Jawa Barat ini dihasilkan melalui perpaduan pasir putih yang indah, pantai yang bersih, kesenian masyarakat Sunda, dan kekayaan laut yang melimpah.

2. Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Tidak berbeda dengan Pantai Pelabuhan Ratu, Parangtritis juga dikenal sebagai kawasan kekuasaan Ratu Pantai Selatan. Setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini diharuskan mentaati sejumlah aturan demi keselamatan diri mereka. Diantara aturan tersebut adalah dilarang memakai baju yang berwarna hijau. Percaya atau tidak percaya, aturan tidak tertulis ini masih berlanjut hingga saat ini.

3. Pantai Popoh di Tulungagung

Pantai Popoh merupakan tempat wisata di Jawa Timur bagian selatan. Pantai Popoh terletak di kawasan Pantai Selatan pulau Jawa dan bersebelahan dengan Pantai Prigi di Tulungagung. Kedua pantai ini memiliki pemandangan alam pesisir yang tidak kalah menarik dibanding pantai lain di Jawa Timur, yaitu Pantai Ria Kenjeran di Surabaya dan Pantai Tanjung Kodok di Lamongan.

4. Pantai Ancol di Jakarta

Pantai Ancol adalah tempat wisata di Jakarta yang bisa diakses secara mudah oleh warga ibukota. Pantai ini terletak di Teluk Jakarta, tak jauh dari kawasan wisata Dunia Fantasi (Dufan). Beragam kegiatan hiburan rakyat sering dilaksanakan di Pantai Ancol. Mulai dari pentas seni rakyat, konser musik, perayaan tahun baru, hingga pameran seni dan budaya bertaraf internasional.

5. Pantai Pasir Putih di Situbondo

Sesuai namanya, Pantai Pasir Putih di Situbondo dikenal dari pasir pantainya yang bersih dan berwarna putih. Pantai di kawasan tapal kuda ini menghadap ke Selat Madura yang berombak kecil. Menelusuri pantai menggunakan perahu di Pantai Pasir Putih terasa sangat menenangkan. Wisatawan berkesempatan menikmati keindahan terumbu karang dengan alat sederhana yang disedikan penyewa perahu.

WISATA KELUARGA

6. Taman Buah Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, Taman seluas 264 hektarmerupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum. Taman wisata ini berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bogor maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol.

7. Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor

Adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.

8. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektaratau 1,5 kilometer persegi i. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, seta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah. Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota

9.  Kepulauan Karimunjawa

Adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Karimunjawa terletak di Laut Utara, utara Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau.

10Taman Safari Indonesia Prigen

Adalah salah satu Safari Park terluas di Asia, yang terletak di Taman Nasional Gunung Arjuna, Jawa Timur. Memiliki berbagai macam spesies hewan dan atraksi terbaik se-Indonesia, kolam renang dengan sistem filter air yang canggih, dan habitat yang tidak rusak dan suasana yang rimbun. Taman Safari Indonesia menjadi tempat wisata yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas.

11. Gunung Semeru atau Sumeru

Adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s